Butuh Logo Berkelas Tapi Budget Terbatas?

Ini Dia Tipsnya…!

Bisnis Anda Belum Memiliki Logo

Apakah Bisnis Anda belum mempunyai logo yang representatif? Peran logo sebagai penanda identitas sangat penting dan fundamental dalam bisnis. Tapi, biaya pembuatan logo memang mahal. Di pasaran, jasa desain logo termurah tarifnya antara 1,5-2 juta Rupiah. Berapa tarif termahal? No limit! Banyak perusahaan besar, apalagi skala multi nasional, yang nilai logonya mencapai milyaran Rupiah. Wow banget ya…?

Perkenalkan, saya Haryo.

Saya adalah lulusan jurusan Desain dari Institut Seni Indonesia Yogyakarta, tahun 2009.
Sejak 2010 hingga kini saya bekerja secara professional spesialis di bidang pengerjaan desain logo untuk perusahaan, kebanyakan startup dengan tarif kurang lebih 4 – 10 juta perdesain.

Ya, bagi banyak bisnis startup/UKM/UMKM yang modalnya terbatas, logo jadi “barang mewah”.

Oleh karena itu sejak setahun terakhir ini, saya membentuk tim desainer dan membuka jasa desain low budget untuk perusahaan start up lokal/UKM/UMKM. Dan kami melakukannya tanpa menurunkan kualitas desain. Kok bisa?

Bagaimana Mendapatkan Logo Berkualitas

Ya, sesuai janji, di sini kami akan membeberkan tips bagaimana mendapatkan logo berkualitas dengan dana terbatas. Yuk kita mulai :

Sesuaikan dengan kebutuhan

Desain logo itu satu paket dengan konsep perancangan, company profile, corporate identity, dan guide brand. Semua berisi penjelasan normatif yang dangat detail, panjang, njelimet, dan tebal. Inilah salah satu faktor yang membuat pembuatan logo itu mahal. Semuanya memang sangat penting, namun kebanyakan bisnis startup/UKM/UMKM sebenarnya BELUM MEMBUTUHKANNYA. Jika diberi malah akan bikin pusing dan ga tahu harus diapakan? MUBAZIR. So, dengan hanya fokus pada kebutuhan desain logo SAJA tanpa semua tetek bengek lainnya itu, Anda akan memotong biaya yang cukup signifikan.

Cepat respon dan feedback

Desainer mengerjakan banyak project dalam satu waktu, bukan hanya mengerjakan pesanan Anda. Dan tiap project membutuhkan konsentrasi dan pikiran yang sama. Makin cepat satu project selesai, desainer akan lanjut ke project lain tanpa beban. Jika satu project berlarut2, sementara desainer sudah harus beralih ke project selanjutnya, pikirannya jadi terbebani. Ini membuat desainer akan mengenakan charge lebih mahal pada Anda. So, jika desainer memberikan estimasi waktu pada Anda, estimasi itu bukan hanya mengikat desainer, tapi juga pada Anda supaya cepat merespon tiap preview desain dan memberi feedback.

Percaya pada desainer

Ketika Anda menggunakan jasa seorang desainer, Anda membayar pengetahuannya, keahliannya, pengalamannya, jam terbangnya, dan kepekaan estetikanya. Anda perlu mempercayai otoritasnya dalam bidang desain, sebab kalau tidak buat apa Anda membayar desainer mahal-mahal? Ironisnya, Anda akan membayar jauh lebih mahal lagi jika Anda tidak percaya dan banyak mendikte desainer. Ya, kepercayaan yang Anda berikan kepada desainer akan memudahkan kerjanya dan membuat Anda menghemat biaya yang harus Anda keluarkan.

Pada dasarnya Anda perlu memahami bahwa desain logo yang kami kerjakan pasti akan memenuhi 3 standar kualitas berikut ini :

t

Tahu apa yang Anda inginkan

Banyak pebisnis startup yang tidak memahami bisnisnya sendiri. Apa valuenya? Apa diferensiasinya? Siapa segmen pasarnya? Dsb. Ini berimbas pada kebutuhan logo. Apa yang harus dipenuhi oleh logo yang hendak dirancang? Nilai apa yang harus diwakili? Gaya visualnya harus mengena pada segmen audience yang seperti apa? Dsb. Hal ini akan membuat perancangan desain logo tidak efektif, karna desainer akan ‘buta’ dalam mendesain. Tanpa panduan hanya meraba-raba, akan banyak evaluasi, perubahan, revisi, dan banyak hal lain yang membuat waktu terbuang dan pikiran terkuras. Semua ini harusnya bisa dihindari. Pahami dengan baik bisnis Anda, miliki visi tentang logo yang ingin dibuat, sampaikan dalam brief sejelas-jelasnya, pengerjaan desain logo akan efektif, dan pastinya menghemat uang Anda.

k

Revisi yang fokus pada tujuan

Saat Anda meminta alternatif desain atau revisi, tunjukkan dengan jelas apa yang tidak Anda sukai dan apa yang disukai. Fokuslah pada yang penting, jangan meminta revisi ‘receh’. Banyak sekali klien yang sekedar iseng atau coba-coba meminta “bagaimana kalau dibeginikan?”, “bagaimana kalau dibegitukan?”, minta dikecilin, digedein, digeser, dan seterusnya, tapi ujung2nya “wah ternyata bagus yang awal, kembali ke awal aja ya?” Atau lebih parah lagi, “wah ga ada yang cocok, coba desain baru deh?” Yang begini akan membuat tagihan biaya desain Anda membengkak. Anda bukannya tidak boleh sekedar meminta alternatif huruf atau warna misalnya, asal pastikan bahwa hal itu penting, dan memang mengarah ke hasil akhir yang sesuai dengan visi Anda.

Benar Secara Teoritis

Desain yang benar akan memenuhi teori seni rupa secara umum, kaidah2 seni rupa, hingga teori tentang desain dan lebih khusus lagi desain logo dalam kaitannya dengan bisnis dan branding.

Mengena secara filosofis

Setiap unsur visual dalam logo, baik secara bentuk, simbol, huruf hingga warna, semua dipilih dengan memperhatikan keterwakilan makna, value, dan impresi yang ingin dihadirkan di dalam logo.

Bagus secara estetis

Jika 2 standar di atas sifatnya lebih normatif obyektif, standar terakhir ini kadang memang subyektif karna berkaitan dengan ‘selera’. Pada dasarnya desainer adalah seniman untuk seni terapan. Keindahan karyanya lebih bisa diterima secara umum ketimbang seniman seni murni. Maka desainer jarang menemui masalah dengan klien untuk standar ini, namun tetap saja kadang ada satu dua klien yang –maaf- ‘rewel’ untuk standar yang satu ini. Tentu tidak masalah, jika Anda mempunyai selera yang spesifik, silahkan perhatikan poin no 2 dan 4 pada tips di atas supaya desainer bisa lebih mudah memahami apa yang Anda inginkan.

Apa Penawaran Kami

Nah…! Setelah Anda memahami tips2 di atas, Anda pasti bertanya :
Kalau mengikuti tips2 di atas jadi menghemat berapa rupiah sih? Dapat diskon berapa persen sih? Lebih hemat 100rb? 200rb? 300rb? Dapat diskon 10%? 20% 30%?

No! Jauh lebih besar dari itu. Dengan harga termurah normal paling minimal :

1,5 JUTA

Jika Anda memahami tips di atas, saya akan mendesainkan logo berkelas untuk Anda dengan hanya :

500 RIBU Rupiah saja!

Ya, minimal Anda hemat 1juta rupiah, atau mendapatkan diskon lebih dari 60%! Tanpa mengurangi kualitas sama sekali.

Dengan hanya 500ribu Anda akan mendapatkan:

N

Desain logo senilai dengan logo jutaan rupiah

Desain logo senilai dengan logo jutaan rupiah yang biasa saya kerjakan. Dengan pemikiran, konsep, filosofi dan komitmen yang sama. Dijamin.

N

Semua format file yang Anda butuhkan

Vector dalam format cdr dan pdf, bitmap resolusi tinggi, png transparent, dan photoshop. Masih kurang? Silahkan request format lain tanpa tambahan biaya.

N

Proses yang fleksibel dan dinamis

Bebas revisi dalam timeline yang sudah saya tetapkan.

N

Kontak eksklusif dengan desainer bersahabat

Jika dibutuhkan, dan jika Anda mau, Anda bisa berdiskusi langsung, konsultasi, brainstorming, dan terlibat pada proses kreatif sejauh yang Anda inginkan. Ini adalah KEMEWAHAN yang takkan Anda dapatkan pada biro lain.

Satisfaction Guaranted!

Sejak saya membuka jasa desain low budget ini tahun lalu hingga kini kami sudah membantu dan memuaskan 100+ klien start up dan UKM/UMKM mendapatkan logo berkualitas untuk bisnisnya. Beberapa di antaranya sudah berkembang pesat, naik kelas, melipatkan value dan omset serta mencapai target-target prestisius dalam bisnisnya.

Cek video portofolio dan testimony dari klien2 kami di bawah ini.

Portofolio

Testimoni

JADI TUNGGU APALAGI??????

Pesan Sekarang Juga